1. Drone

Mengenal Tombol – Tombol pada Remot Kontrol DJI Phantom 3

DJI Phantom 3 Professional adalah Drone keluaran DJI yang memiliki spesifikasi mumpuni sehingga mampu menjawab kebutuhan para pecinta Videography dan Photography di Dunia.

Meski terkesan jadul, namun drone ini adalah legenda pesawat udara tanpa awak, dan masih banyak dipakai hingga hari ini.

Teknologi canggih yang ditanam pada perangkat ini tentu saja tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya kemampuan dari pilot atau pengendali drone tersebut. Untuk menggunakan semua fitur yang sudah di tanam dalam DJI Phantom 3 Professional ini, maka kita harus mengenal semua fitur yang ada.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan mengajak anda semua untuk Mengenal Tombol – Tombol pada Remot Kontrol DJI Phantom 3.

Semoga artikel ini bisa membantu dalam memahami fitur – fitur yang ada pada phantom 3.

Namun perlu anda ketahui, artikel ini hanya akan membahas sedikit tentang fitur ynag terbatas pada remote kontrolnya saja. Yuk disimak pembahasan dibawah ini.

Remote Phantom 3 Pro
Remote Phantom 3 Pro

1. Tombol Power

Tombol Power
Tombol Power

Tombol Power pada remot kontrol dji phantom

Tombol Power pada remot kontrol DJI Phantom 3 ini berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan  remot.

Adapun cara menghidupkan maupun mematikannya adalah dengan cara menekan tombol power sebanyak 2 kali, yang pertama ditekan cepat, dan yang kedua ditekan dan tahan beberapa saat.

2. Tombol RTH (Return to Home)

Tombol RTH
Tombol RTH

Tombol RTH digunakan untuk antisipasi keadaan darurat. RTH adalah singkatan dari Return To Home, yaitu kembali ke posisi awal melakukan Take Off.

Sesuai namanya, tombol ini digunakan ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Misalnya unit drone kita terbang tak tentu arah dan tidak terlihat oleh mata, maka kita bisa menekan tombol ini. Nanti akan ada komfirmasi di layar gadget anda. Setelah Anda mengkomfirmasi untuk menggunakan fitur ini, maka Phantom 3 anda akan otomatis kembali ke posisi awal.

Untuk aman-nya anda bisa mengatur terlebih dahulu (sebelum melakukan penerbangan) ketinggian pada saat RTH ini.

3. Tombol untuk Merekam Video

Tombol untuk merekam video berada di sebelah kiri, ada sebuah tombol bulat dengan titik merah ditengah tombol. Untuk merekam video anda cukup menekan tombol ini satu kali, untuk menghentikan rekaman, tekan sekali lagi.

4. Switch Mode ( Tombol P.A.F)

Swicth Mode ini berfungsi untuk mengubah mode penerbangan, ada beberapa mode yang bisa kita pilih sesuai keinginan kita.

Tombol untuk switch mode
Tombol untuk switch mode

Pada swict mode, ada 3 posisi, seperti pada gambar disamping, berikut dibawah ini penjelasan mengenai posisi tersebut dan apa fungsinya.

Posisi 1 : P (Positioning Mode)

Mode yang umum digunakan oleh pemula, mengutamakan sinyal GPS dan Visi Positioning. Ada 3 versi pada P mode ini, seperti dibawah ini

P-GPS : Digunakan untuk mengaktifkan fungsi GPS dan Vision Positioning, sehingga keduanya sama – sama tersedia. Dengan kata lain pesawat ini menggunakan sensor GPS untuk menentukan Posisi

P-Opti : Vision Positioning akan tersedi pada mode ini, namun GPS tidak tersedia, jadi DJI Phantom akan menggunakan sensor Viso Positioning untuk menentukan posisi.

P-ATTI : Baik GPS maupun  Vision Positioning tidak tersedia dalam mode ini, jadi anda hanya akan menggunakan barometer ketinggian untuk dipertahankan.

Posisi 2 : A (Attitude)

GPS dan Visi Positioning System tidak digunakan untuk stabilisasi. Pesawat hanya menggunakan barometer untuk menstabilkan. Namun jangan khawatir, meskipun dalam mode ini, pesawat masih bisa melakukan RTH ke titik Home.

Posisi 3 : F (Function)

Mode Function ini berfungsi untuk mengaktifkan orentasi kontrol pintar atau biasa disebut IOC (Intelligent Orientation Control).

Intelligent Orentation Controll
Intelligent Orentation Controll

Fitur – fitur yang tersedia dalam Function mode

Beberapa fitur dalam function mode

  • Course Lock : Berguna untuk mengunci orientasi drone, Course Lock akan membuat kiri tetap kiri dan kanan tetap kanan.
  • Home Lock : Apabila diguinakan, pesawat akan mendekat saat kita menarik tuas navigasi.
  • Point Of Interest ( POI) : digunakan untuk membuat drone berputar melingkari sebuah objek seperti bagunan atau aktivitas keramaian.
  • Follow Me ; Fitur ini berguna untuk mengatur agar drone otomatis mengikuti remot kontrol.
  • Waypoint : Fitur ini berfungsi untuk membuat sebuah misi terbang drone, kita bisa menentukan ketinggian terbang pesawat pada titik koordinat tertentu.

5. Kontrol Gimbal

Dibawah Switch Mode dan Tombol Video, kita akan menemukan sebuah kontol gimbal, kontrol ini dibuat untuk mengatus kemiringan kamera, menaikan dan menurunkan view (tilt up / tilt down).

6. Tombol Costumize

Dibagian bawah sekali, terdapat dua tombol yang bisa di costumize sesuai isi perut kita, semau hati. Namun secara default biasanya di sebelah kiri adalah untuk swicth view layar sedangkan di sebelah kana adalah untuk mengubah posisi kamera apakah anda ingin tegak lurus ke bawah (Vertical) atau mau lurus kedepan (horizontal).

7. Kontrol Exposure

Kontrol ini bisa di scrol ke kiri dan kanan untuk mengatur tingkat keceharan dan kegelapan kamera sesuai kebutuhan, untuk para pecinta dunia fotografer pasti sangat membantu, karena disini bisa atur ISO dan sebagainya.

8. Tombol Potret

Selain itu, juga tersedia sebuah tombol yang bisa digunakan untuk mengambil sebuah gambar, namun jika anda ingin mengambil gambar, dengan berat hati anda harus berhenti merekam video.

9. Tombol Playback

Tombol ini berfungsi untuk melihat isi galeri.

Nah, demikianlah Mengenal Tombol – Tombol pada Remot Kontrol DJI Phantom 3 yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.

People reacted to this story.
Show comments Hide comments
Comments to: Mengenal Tombol – Tombol pada Remot Kontrol DJI Phantom 3
  • 7 Desember 2016

    Mantapp

    Reply
  • 26 Agustus 2018

    Mantap boss..

    Reply
  • […] Remote control. Penggunaan remote bisa dilakukan hingga jarak 2.000 meter, sehingga Anda bisa leluasa mengopeasikan kamera dronenya. Anda harus sering berlatih agar bisa menambahkan gaya yang lebih baik dalam pengambilan gambarnya. Kekuatan baterainya mencapai 6.000 MAh. Sehingga Anda tidak usah takut jika baterai habis cepat, baterainya juga lebih awet. Belum lagi keistimewaannya pada remote ada holder untuk menyimpan ponsel atau tablet Anda sehingga Anda bisa menyambungkan drone dengan koneksi WIFI sambil melakukan view yang jelas secara langsung. […]

    Reply

Write a response

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.