Drone di bidang perkebunan mulai marak akhir – akhir ini, hal ini juga berkembang mengikuti banyak sektor industri lain, berbanding lurus dengan perkembangan teknologi drone di Dunia.

Kondisi Perkebunan Di Indonesia

Seperti yang dilansir dari situs resmi Wikipedia, dikatakan bahwa perekonomian Indonesia salah satunya disumbangkan oleh sektor pertanian dan perkebunan. Sektor ini membawa peranan penting dalam ekonomi negara. Saking pentingnya, pengawasan di berbagai sektor pun layak dilakukan. Untuk itu, peran drone di bidang perkebunan tentunya sangat diperlukan.

Sektor perkebunan sendiri di Indonesia terbagi dalam 2 kategori, yakni:

  • Lahan atau tanah perkebunan dan pertanian milik perusahaan swasta dan juga negara.
  • Lahan milik dari perorangan masyarakat Indonesia.

Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara terbesar di dunia dengan hasil kekayaan perkebunannya. Adapun hasil kebun Indonesia meliputi cengkeh, kelapa sawit, rempah-rempah, kakao, kopi, teh, serta masih banyak lagi hasil kekayaan alam lainnya.

Hasil perkebunan dan pertanian tersebut di ekspor ke banyak negara di dunia. Kualitas hasil kebun Indonesia memang banyak digemari negara luar. Itulah sebabnya perdagangan hasil kebun antar Indonesia dengan negara asing terus terjalin hingga kini.

6 Peranan Drone Di Bidang Perkebunan

Industri perkebunan di Indonesia pernah mengalami kejayaan di era tahun 1894-1939, sektor ini berkembang dengan sangat cepat hingga menghasilkan panen hingga berkali-kali lipatnya. Walau selepas era kejayaan tersebut sempat mengalami penurunan.

Namun setelah masa kemerdekaan, sektor pertanian dan perkebunan terus bangkit dan mengalami pertumbuhan serta perkembangan yang pesat. Bahkan Indonesia dikenal dunia sebagai negara agraris, yakni sektor pertaniaan dan perkebunan menjadi salah satu pekerjaan utama masyarakat Indonesia.

Bila disurvei, angka pengangguran di pedesaan justru lebih kecil dibandingkan dengan di perkotaan. Hal ini disebabkan karena masyarakat pedesaan banyak yang terjun ke ranah tani dan berkebun sebagai mata pencaharian mereka. Lahan minim pun mereka maksimalkan untuk menghasilkan dan menghidupi keluarga. Terlebih, tingkat pendidikan yang dimiliki pun tidak memadai untuk pekerjaan yang lebih tinggi di perkotaan.

Itulah sebabnya banyak bermunculan para profesional ataupun orang-orang yang berkompeten dalam sektor ini untuk ikut andil mengatur sistem pertanian dan perkebunan di Indonesia menjadi lebih baik. Dengan ilmunya, mereka mulai membenahi kualitas hasil pertanian dan perkebunan. Termasuk salah satunya ialah dengan memanfaatkan drone yang saat ini sedang berkembang dengan begitu pesatnya.

Berikut adalah 6 peranan drone di bidang perkebunan.

1. Dimanfaatkan Sebagai Alat Pemantau Perkebunan

Dalam hal ini drone dimanfaatkan sebagai suatu alat untuk memantau perkembangan perkebunan untuk tanaman yang dibudidayakan. Memantau kondisi keamanan perkebunan dari penebang liar, perampokan hasil kebun, serangan brutal hewan liar, dan lainnya.

2. Sebagai Alat Penyiraman Air Dan Pemberian Pupuk

Munculnya teknologi mutakhir berupa drone membawa dampak positif bagi perkembangan sektor pertanian dan perkebunan. Drone dapat dimanfaatkan dalam penyiraman air serta pupuk pada tanaman. Keberadaan drone juga membuat pekerjaan menjadi lebih efisien dalam waktu.

Itulah sebabnya, banyak perusahaan besar yang sudah menerapkan drone dalam sistem pemeliharaan perkebunannya. Sebab efek yang ditimbulkan pun menambah hasil panen dari tanaman lebih dari 10%. Hal ini tentu saja menjadi keuntungan yang baik bagi perusahaan/industri perkebunan.

3. Sebagai Alat Sensus Tanaman

Sensus tak hanya pada populasi penduduk di suatu wilayah. Sensus juga penting dilakukan untuk tanaman pada sebuah perkebunan guna keakuratan data laporan perusahaan. Sensus tanaman meliputi jumlah banyaknya tanaman, varietas, kondisi fisik tanaman baik yang tumbuh berkembang dengan sehat, yang mati, ataupun yang terkena hama dan penyakit lainnya. Semua didata secara terperinci dan menyeluruh.

4. Dimanfaatkan Sebagai Sensor Dari Irigasi

Sensor irigasi sangat diperlukan pada sebuah usaha industri perkebunan dan pertanian. Irigasi inilah yang berperan penting dalam penyediaan kebutuhan asupan air bagi tanaman. Dengan adanya drone, irigasi dapat disensor dalam penyaluran air dari irigasi menuju perkebunan atau pertanian. Sehingga bila ada kendala yang terjadi, dapat ditanggulangi permasalahannya dengan cepat.

5. Bisa Difungsikan Sebagai Penganalisis Tanaman

Dalam fungsi ini drone dimanfaatkan untuk menganalisis unsur hara suatu tanaman. Hal ini tentu membantu pemilik perkebunan dan pertanian untuk mengambil sikap yang diperlukan bagi keberlangsungan hidup tanamannya. Bila dahulu proses analisis dilakukan dengan cara mengambil beberapa sampel tanaman untuk kemudian diubah fisiknya menjadi ekstrak, dengan drone proses analisis menjadi lebih mudah dan lebih efisien.

6. Dimanfaatkan Sebagai Alat Menanam Benih/Bibit Tanaman

Bila suatu lahan pertanian dan perkebunan memiliki luas ratusan hektare besarnya, dapat dibayangkan, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyebar benih tanaman pada lahan tersebut. Umumnya, proses sebar benih menggunakan alat semai tebar benih baik yang masih bersifat sangat tradisional hingga menggunakan alat berat yang modern. Namun, dengan perkembangan zaman yang semakin maju, muncul drone dengan metode yang bisa diterapkan oleh pemilik perkebunan dan pertanian.

Drone dirancang khusus sebagai pengganti alat sebar benih yang jauh lebih efisien. Dengan drone, proses sebar benih bisa dilakukan di sebuah lahan satu hektare hanya dalam kurun waktu kurang dari 1 jam. Hal ini tentu saja menguntungkan pihak pemilik perkebunan / pertanian untuk menghemat waktu pengerjaan.

drone di bidang perkebunan
drone di bidang perkebunan

Namun, peranan drone di bidang perkebunan juga harus diimbangi dengan kemampuan ataupun keahlian seseorang agar mampu mengoperasikan alat ini. Seseorang yang bertugas mengoperasikan drone harus memiliki semangat belajar yang tinggi dan mau berkembang. Sebab, drone bukanlah sesuatu yang bisa digerakkan begitu saja tanpa flightplan yang matang. Diperlukan keahlian khusus agar metode ini bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan panen yang berlimpah.

Tidak hanya kemampuan, anda juga harus memiliki perangkat drone yang cocok jika tertarik untuk menggunakan drone sebagai alat yang bisa membantu Anda dalam bidang perkebunan.

Training Drone di bidang perkebunan

Salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan operator drone dalam memanfaatkan drone di bidang perkebunan adalah dengan menyemarakkan pelatihan drone. Jika anda tertarik untuk mengikuti pelatihan drone atau training drone, bisa langsung menghubungi saya di halaman kontak.

Comments to: 6 Peran drone di bidang perkebunan, ternyata sangat membantu

Your email address will not be published. Required fields are marked *