Cara Install Laragon

By Liu Purnomo
Picture of the author
Published on
Cara Install Laragon

Laragon adalah universal development environment atau lingkungan pengembangan universal dengan fitur lengkap, ringan, dan mudah digunakan. Aplikasi local web server ini dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis PHP, Node.js, Python, Java, Go, dan Ruby.

Laragon memudahkan pengembang dalam mengatur dan menjalankan server lokal di komputer mereka untuk mengembangkan dan menguji aplikasi web sebelum diunggah ke server produksi.

Berbeda dengan XAMPP, Laragon memiliki fitur yang lebih lengkap dan kemudahan penggunaan berkat tampilan GUI-nya. Dengan Laragon, Anda dapat mengelola web server, PHP, MySQL, dan bahkan mendukung pembuatan aplikasi berbasis Node.js/MongoDB, Python/Django/Flask/Postgre, Ruby, Java, dan Go. Laragon dapat digunakan di berbagai sistem operasi, termasuk Windows, MacOS, dan Linux.

Jadi, jika Anda mencari alternatif untuk mengembangkan aplikasi web secara lokal, Laragon bisa menjadi pilihan yang menarik! 🚀

Cara Install

A. Download Laragon

Laragon adalah tool development program yang dapat digunakan untuk membuat web atau aplikasi di server lokal secara gratis. Untuk menggunakan Laragon, Anda cukup mendownloadnya melalui link berikut: https://laragon.org/download/.

B. Installasi

Cara install Laragon pada dasarnya sama seperti proses instalasi aplikasi pada umumnya. Setelah file di download, silakan klik install dan lanjutkan dengan klik next di semua step.

Referensi:

(1) Laragon: Pengertian, Fungsi, Download, dan Cara Instalasinya.

(2) Laragin: Pengertian dan cara menggunakannya.

(4) Panduan Lengkap Laragon : Unduh dan Tutorial Penggunaannya.

(5) Apa Itu Laragon dan Apa Saja Fitur Yang Disediakan.

Any Question?

Feel free to ask in the comment section below.