Pemetaan

Software untuk Pemetaan Menggunakan Drone

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Pemetaan Menggunakan Drone adalah sebuah aktivitas untuk mendapatkan sebuah peta wilayah dengan gambar yang dihasilkan oleh drone (Fotogrametri).

Agar bisa melakukan pemetaan menggunakan drone, dibutuhkan beberapa software atau aplikasi.

Pada Artikel ini, saya fokus kepada pemetaan menggunakan drone Fixed Wing. Jika anda melakukan pemetaan menggunakan drone DJI, silahkan baca Aplikasi Mapping Drone untuk melihat daftar software untuk pemetaan menggunakan drone DJI.

A. Mission Planner

Mission Planner adalah aplikasi wajib jika anda ingin melakukan pemetaan menggunakan drone, aplikasi ini membantu anda untuk membuat missi penerbangan serta menjadikan laptop anda sebagai GCS (Ground Controll Station).

Aplikasi ini diberikan secara gratis dan dapat anda download pada tombol di bawah ini, selain Mission Planner juga ada APM Planner, namun yang sering digunakan adalah Mission Planner, sebab saya menggunakan Pixhawk sebagai Flight Controller saya.

B. Software Pengolah Data (Mosaicking)

Software Pengolah data sangat dibutuhkan jika anda ingin foto udara hasil drone anda menjadi sebuah foto yang memiliki referensi spasial.

Ada banyak software pengolah data yang umum digunakan, antara lain;

  1. Agisoft Metashape
  2. Pix4DMapper
  3. DroneDeploy
  4. APS Menci

Anda bisa baca lebih banyak informasi dan tutorial mengenai aplikasi tersebut, saya sudah menuliskan pada Tutorial Agisoft, Tutorial DroneDeploy dan Tutorial Pix4DMapper.

C. Aplikasi Untuk Digitasi dan Layout

Setelah anda melakukan pengolah data, dan gambar citra rupa bumi sudah di dapatkan, sekarang saatnya untuk melakukan Digitasi dan me- layout data, saya sendiri menggunakan aplikasi ArcGIS untuk ini.

Bagi anda yang ingin belajar tentang ArcGis, saya sudah banyak menuliskan tutorialnya di Tutorial Arcgis.

D. Penutup

Nah, demikian Artikel tentang Inilah Daftar Software yang dibutuhkan untuk Melakukan Pemetaan Menggunakan Drone, semoga artikel ini bisa membantu kawan – kawan yang saat ini ingin malakukan pemetaan menggunakan drone.

jika ada hal yang ingin di tanyakan silahkan langsung di kolom komentar yang telah saya siapkan untuk anda dibawah ini.

Suka main drone dan Hobby jalan - jalan

13 Comments

  1. Jeri Hambalah Reply

    Saya pengguna drone xiro V xplorer. software yg support/diperlukan untuk proses pemetaan apa ya?
    tolong kirim infonya lewat email [email protected]
    Tks.
    By JERI

  2. Hallo Gan, Apakah ArcGis bisa digunakan untuk Mosaicking Fotogrametry?

  3. permisi gan, kalau rekomendasinya untuk aplikasi pemrosesan hasil foto drone menggunakan aplikasi apa ya, apakah menggunakan agisoft photoscan atau Pix4D ? kalau pix4d, harga softwarenya brp ya gan?

  4. Ryan Wahyu Hidayat Reply

    Permisi Gan, mohon petunjuknya, untuk drone Hubsan ZIno & Xiaomi Fimi X8 apa sudah support dengan Pix4d atau software lainnya, mohon rekomendasinya gan ?

Write A Comment