QUBE 240 adalah salah satu pilihan payload LIDAR dengan standard “Geomatics Grade” untuk melengkapi opsi payload Trinity F90+ Quantum Systems. Telah terbukti mampu mengudara melebihi 60 menit dari kapasitas cadangan baterai tersisa 30 menit untuk melakukan pendaratan dan kondisi darurat.

Light Detection and Ranging (LIDAR) sensor, di perdagangkan sebagai teknologi kunci masa depan untuk perangkat autonomous.

Namun, selain untuk pelengkap di teknologi autonomous, LIDAR juga menjadi pilihan pertama yang sangat produktif untuk keperluan survey baik survey terrestrial maupun pemetaan udara menggunakan drone.

Hingga saat ini, pilihan payload LIDAR dengan kualitas yang di akui hampir tidak terjangkau oleh kalangan pengusaha kecil atau Usaha Kecil Menengah. Karena biaya investasi untuk teknologi ini sangat mahal. Di sinilah Quantum Systems dan YellowScan hadir dan menawarkan perangkat Aerial Lidar dengan standard “Geomatic Grade” yang terintegrasi ke dalam kompartemen Payload eVTOL UAV Trinity F90+ termasuk paket software dengan standard data hampir sama dengan sensor Lidar yang saat ini masih mahal di pasaran.

Qube 240 LiDAR Plug and Play di Trinity F90+

Penggunaan LiDAR pada drone, seringkali membutuhkan effort lebih. Hal ini karena drone – drone tersebut tidak terlalu kompatibel dengan payload LiDAR.

Beberapa Drone, harus di tambah dengan pelat besi untuk memasang LiDAR di bawahnya.

Qube 240 adalah payload yang di buat khusus untuk Trinity F90+. Untuk memasangnya, sangat mudah.

Tidak hanya pemasangannya, Qube 240 Juga sangat kompatibel dengan sistem kerja drone VTOL Trinity F90+ tersebut.

Qube 240 LiDAR Trinity F90
Qube 240 LiDAR Trinity F90+

Sensor QUBE 240 Lidar mewarisi teknologi scanner Yellowscan Surveyor Ultra. Sensor Yellowscan Surveyor Ultra pertama di integrasikan kedalam platform Quantum Systems TRON mulai dari tahun 2017.

Kemajuan teknologi miniaturisasi dan peningkatan kinerja penyedia teknologi di dunia sekarang meningkatkan jangkauan dan akurasi dengan bentuk dan modul yang lebih kecil.

Hal ini secara mengesankan dapat mengurangi biaya produksi Lidar sampai lebih dari 50% untuk keseluruhan sistem.

Sensor Lidar Geomatic Grade

QUBE240 LiDAR menghasilkan data penting pada kegiatan survey dan aerial mapping dengan meng-generasikan data 3D yang akurat melalui 240.000 tangkapan data per detik.

Akurasi absolute dapat di capai dengan bantuan APPLANIX APX15 INS yang sudah terintegrasi pada perangkat ini. Publik dapat berbicara tentang akurasi geodetic yang sebelumnya hanya dapat di hasilkan oleh sistem LiDAR dari segmen harga pasar yang tinggi.

Penanganan yang mudah dalam pengoperasian dan user friendly sistem dari perangkat Trinity F90+ dengan payload QUBE240 ini tentu akan memudahkan kegiatan akuisisi lidar oleh para End Customer. Apalagi dukungan sistem pengolahan data mentah yang cepat tentu dapat menambah keuntungan bagi siapapun yang menggunakan sistem LiDAR ini.

Qube 240 Sensos Geomatics Grade
Qube 240 Sensos Geomatics Grade

Solusi untuk menghasilkan kemudahan pengolahan data LiDAR menggunakan UAV pun melengkapi satu kesatuan sistem ini, yakni dengan menggunakan perangkat lunak Yellowscan CloudStation yang bisa di dapatkan dengan sistem lisensi per tahun.

Aplikasi ideal untuk menggunakan Quantum Systems Trinity F90+ dengan Qube 240 LiDAR ini dapat di gunakan untuk scenario operasi :

  • Survei dan Pemetaan Jaringan Kabel Listrik
  • Pemetaan Infrastruktur Jalan Raya, Jalur Right Of Way Pipa Migas dan infrastruktur pendukungnya
  • Survei dan Pemetaan Infrastruktur tepian pantai atau rencana penempatan pelabuhan
  • Survei dan Pemetaan Kota (Urban Planning)
  • Mobile Mapping & Surveying
  • Survei dan Pemetaan area untuk simulasi pertempuran

Fitur Qube 240 LiDAR

Trinity F90 dengan Qube 240
Trinity F90 dengan Qube 240

Pengembangan dan integrasi teknis antara Quantum Systems GmbH dan YellowScan di mulai pada semester kedua di tahun 2020 . Dan dalam beberapa bulan, Quantum Systems – YellowScan berhasil merelease sistem ini ke pasar.

Spesifikasi & Fitur

  • LiDAR dengan standar Survey Grade/ Geomatic Grade
  • Laser menggunakan Class 1 (Eye Safe)
  • Wavelength : 905 nm
  • Maximum Altitude : 140 meter AGL
  • Presisi : 1.8 – 2.5 cm
  • Akurasi : <3 cm
  • Scanner FOV : 70⁰
  • 240.000 shots per detik
  • Point Density per 100 meter : 50 – 100 point/ meter persegi
  • Teknologi Multi Echo : sampai dengan 3 echoes per shot
  • Di lengkapi dengan Applanix POSPacTM UAV, GNSS, dan Software INS untuk Post Processing Kinematik (PPK)
  • Di lengkapi dengan software pengolahan data Qube240 untuk menghasilkan data berstandar “Survey Grade/ Geomatic Grade” berformat LAS Files.

Yang mereka Katakan Tentang Qube 240 LiDAR

Florian Siebel – CEO, Quantum Systems GmbH

“Qube 240 meyakinkan para profesional dengan 240.000 shots per detik, yang mana hingga tiga pantulan diukur. Hasilnya mengesankan di satu sisi dengan kerapatan titik yang sangat tinggi dengan 50-100 titik per meter persegi, dan di sisi lain dengan penetrasi vegetasi yang sangat baik. Dengan cara ini, pembuatan model medan digital di bawah hutan juga dapat dilakukan tanpa masalah.

Secara keseluruhan, saya tidak tahu ada solusi yang sebanding di seluruh dunia, mengingat bobot, kinerja, dan keakuratannya. Kami sangat senang dapat menawarkan pelanggan kami hal baru untuk Trinity F90 + UAS kami.”

Florian Siebel – CEO, Quantum Systems GmbH

Martin Herkommer

Kepadatan titik yang mengesankan, bahkan di bawah vegetasi dan kebisingan data yang rendah. Data sampel yang kami kumpulkan sejauh ini juga berisi beberapa GCP, beberapa di antaranya tertutup salju atau berada di tanah yang gembur dan diukur dua tahun lalu. Namun demikian, seseorang dapat melihat keakuratan sistem yang sangat tinggi.

Representasi yang seimbang dari nilai intensitas dari point cloud juga sangat menarik. Nilai ini dalam hal apa pun lebih baik daripada nilai intensitas sistem yang sebanding atau bahkan lebih mahal, seperti sistem Velodyne PUK32.

Martin Herkommer – Senior Sales Manager, Quantum Systems GmbH

Yoovist Taufan

“Trinity F90+ dengan sensor QUBE 240 menjawab tantangan pasar Indonesia yang membutuhkan teknologi LiDAR yang lebih simple dan mudah dalam pengoperasian, apalagi untuk dioperasikan di wilayah Indonesia yang memiliki kontur, iklim, cuaca dan kondisi angin yang variatif di tiap wilayah Indonesia.

Dalam hal pengoperasian, Trinity F90+ sendiri lebih user friendly digunakan oleh Pilot In Command di Indonesia, bahkan beberapa perusahaan yang telah menggunakan Trinity F90+ telah berhasil mencapai 200-300 misi penerbangan dengan predikat ZERO ACCIDENT. Artinya siapapun bisa mengoperasikan perangkat UAV ini dengan mudah dan aman.

Dengan dilengkapinya sensor LiDAR untuk Trinity F90+ dari YellowScan yang terkenal dengan One Push Button nya, kami yakin para professional di beberapa perusahaan yang mengutamakan akurasi dan presisi terhadap hasil survey udara mereka mulai mempertimbangkan untuk menggunakan sistem yang ditawarkan oleh Quantum Systems GmbH dan YellowScan ini, tentunya juga fokus pada aspek Return Of Investment yang dihasilkan saat melakukan akuisisi data LiDAR resolusi tinggi (akurasi dan presisi absolut 2 cm) dengan luasan 150-200 hektar per 1 jam misi penerbangan di altitude 100-150 AGL”

Yovist TaufanOwner/Director, PT Quantindo

Comments to: Qube 240 Lidar Survey Grade Trinity F90+

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *