Pengertian drone adalah defenisi kata drone, berdasarkan banyak sumber yang telah saya rangkum. Drone disebut dalam banyak istilah, jadi Anda harus tahu apa saja istilah – istilah tersebut.

Jika Anda sampai pada tulisan ini, pasti berasal dari pertanyaan tentang Apa pengertian dari drone? serta Bagaimana cara kerja drone?, atau Bagaimana cara kerja drone?, tenang kita akan membahas tentang pengertian dan defenisi terlebih dahulu, pertanyaan lainnya akan saya jawab pada tulisan lain.

Secara harfiah (Kamus bahasa inggris), Drone artinya Dengung. Ini merujuk pada suara berisik drone saat terbang. Selain dengung, Drone juga bisa berarti lebah jantan, hal ini tentu saja merujuk pada kemampuan wahana drone untuk terbang, seperti lebah.

Pengertian drone secara harfiah
Pengertian drone secara harfiah : Sumber Google

Wikipedia mengartikan bahwa drone ( atau disebuat pesawat nirawak), adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri yang dioperasikan oleh operator, menggunakan hukum aerodinamika untuk mengangkat dirinya, bisa digunakan kembali dan mampu membawa muatan baik senjata maupun muatan lainnya – drone wikipedia.

Drone yang awalnya, menurut sejarah drone, memang diperuntukkan bagi kebutuhan militer. Sehingga beberapa literasi mendefenisikan drone dekat dengan perperangan dan aktivitas perang lainnya.

Salah satu contoh pengertian drone yang berkaitan dengan fungsi drone bidang militer adalah defenisi dari Dictionary Cambrige University, yang mana memberikan pengertian dan definisi drone sebagai “pesawat udara yang tidak memiliki pilot tetapi dikendalikan oleh seseorang di darat, digunakan terutama untuk menjatuhkan bom atau untuk pengawasan”.

Tentu saja, defenisi dan pengertian drone ini sangat tergantung dengan jenis jenis drone dan fungsinya. Secara logika, drone mainan tidak mungkin sesuai dengan defenisi di atas.

A. Pengertian drone menurut para ahli

Bob Garner dan David Ison dalam bukunya The Complete Remote Pilot, mendefenisikan drone sebagai suatu system secara keseluruhan yang berkaitan dengan wahana pesawat tanpa awak, stasiun pengendali di darat, sensor, prosesor dan komponen drone lainnya.

Sementara Sarah E. Kreps dalam bukunya yang berjudul Drones – What Everyone Needs to Knows, menulis pengertian drone adalah pesawat bertenaga listrik, merupakan pesawat model, yang dirancang untuk terbang tanpa operator manusia di dalamnya.

Sebuah artikel pada website techtarget.com yang ditulis oleh Ben Lutcevich menyebut drone sebagai robot terbang yang dapat dikendalikan dari jarak jauh, atau bisa juga di kendalikan menggunakan rencana terbang yang sudah di tanamkan kedalam flight controller, dengan dibantu oleh sistem navigasi seperti kompas dan global positioning systems (GPS).

Indreswari Suroso, Dosen Program Studi Aeronautika Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta, dalam jurnal berjudul Analisis Peran Unmanned Aerial Vehicle Jenis Multicopter Dalam meningkatkan Kualitas Dunia Fotografi Udara Di Lokasi Jalur Selatan Menuju Calon Bandara Baru Di Kulonprogo, mendefenisikan drone sebagai pesawat yang terbang dengan sistem robotik dikendalikan oleh pilot di tanah. Drone memiliki berbagai fungsi yaitu sebagai alat pendeteksi, alat pemetaan di udara, alat pemetaan banjir, tanah longsor, lahan pertanian bahkan dapat mendeteksi material logam didalam bumi.

B. Istilah dan penyebutan drone

Drone drone adalah pesawat tanpa awak, yang memiliki istilah penyebutan lain, beberapa cukup familiar, namun saya yakin beberapa lagi cukup asing di telinga.

Dibawah ini adalah istilah penyebutan lain drone.

1. Istilah drone dalam bahasa Indonesia

  1. Pesawat Tanpa Awak (PTA)
  2. Pesawat Udara Tanpa Awak (PUTA)
  3. Pesawat Nirawak (PNA)
  4. Pesawat Udara Nirawak (PUNA)
  5. Wahana Tanpa Awak (WTA)
  6. Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA)
  7. Sistem Pesawat Udara Tanpa Awak (SPUTA)
  8. Sistem Pesawat Udara Kecil Tanpa Awak (SPUKTA)

2. Istilah drone dalam bahasa inggris

  1. Unmanned Aerial Vihacle (UAV)
  2. Unmanned Aircraft Vihacle (UAV)
  3. Unmanned Aircraft (UA)
  4. Unmanned Aerial Systems (UAS)
  5. Unmanned Aircraft Systems (UAS)
  6. Small Unmanned Aerial Systems (sUAS)
  7. Remotely Piloted Aircraft Systems (RPAS)
  8. Unmanned Combat Aerial Vehicles (UCAV)
  9. Remotely Piloted Aerial Vehicles (RPAV)

C. Penutup dan Kesimpulan

Perkembangan drone di era sekarang telah maju dengan pesat. Beragam jenis drone dan fungsinya, mulai dari militer drone konsumer mainan. Drone adalah adalah pesawat tanpa awak yang juga di kenal dengan banyak sebutan atau istilah lainnya.

Berdasarkan beberapa pengertian drone di atas, dapat di simpulkan bahwa, pengertian drone adalah :

Drone adalah wahana tanpa pilot didalamnya, yang dikendalikan dari jarak jauh, baik menggunakan remot kontrol, maupun program komputer.

Liu Purnomo

Demikianlah artikel mengenai pengertian drone ini saya buat, jika ada yang ingin di diskusikan, bisa berkomentar di kolom komentar di bawah ini. Atau jika Anda memiliki versi lain dari pengertian drone maupun istilah drone, bisa juga disampaikan.

Comments to: Pengertian Drone dan Istilah Lain, 3 diantaranya jarang di dengar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.