1. Drone

Mengenal Kaidah Pengoperasian Drone, VLOS, EVLOS dan BVLOS

Kaidah pengoperasian drone adalah metode yang digunakan oleh remote pilot. Istilah Visual Line of Sight (VLOS), Extended Visual Line of Sight (EVLOS) dan Beyond Visual Line of Sight (BVLOS) sering kita dengar di dunia drone, tetapi apa artinya? Dan mengapa Anda perlu mengetahui istilah-istilah ini?

JIka Anda ingin mengajukan izin terbang drone, Anda harus benar – benar paham kaidah penerbangan drone ini.

Sebagai pesawat udara yang tidak ada awaknya, Drone tentu saja memiliki kekhususan dalam kaidah pengoperasiannya.

Kaidah Pengoperasian Drone VLOS EVLOS dan BVLOS
Kaidah Pengoperasian Drone VLOS EVLOS dan BVLOS

Jika pesawat udara biasa, yang ada awaknya, ada dua flight rules, yaitu VFR dan IFR.

VFR (Visual Flight Rules) berarti Sang Pilot terbang dengan melihat secara langsung tanda alam (landmark).

Sementara IFR (Instrument Flight Rules) adalah penerbangan di mana Pilot tidak bisa melihat tanda alam secara langsung. Penerbangan dilakukan dengan bantuan instrument.

IFR dan VFR hanya berlaku pada Pesawat udara berawak. Kecuali untuk RPA (Remotely Pilot Aircraft). Pada RPA, seluruh penerbangan dilakukan dengan cara IFR. Remote Pilot berada di GCS (Ground Control Station). GCS ini berupa ruangan yang di desain seperti kokpit pesawat.

GCS RPA, Terbang dengan kaidah IFR
GCS RPA, Terbang dengan kaidah IFR

Pada drone, kita mengenal ada kaidah VLOS, EVLOS dan BVLOS. Karena pilot tidak berada di dalam Drone.

Apa itu VLOS (Visual Line-of Sight)?

Operasi Visual Line of Sight (VLOS) adalah jenis operasi UAS di mana Remote Pilot dapat mempertahankan kontak visual tanpa alat bantu dengan UAV. Sederhananya, pesawat harus selalu terlihat oleh pilot.

VLOS Visual Line of Sight
VLOS Visual Line of Sight

Terlihat yang dimaksud di sini adalah melihat dengan mata telanjang. Tanpa alat bantu seperti teropong atau alat bantu lainnya. Hanya boleh menggunakan kacamata.

Apa itu EVLOS (Extended Visual Line-of Sight)?

Extended Visual Line-of Sight (EVLOS) Adalah kaidah di mana Remote Pilot tidak bisa melihat langsung drone, Namun visual observer bisa melihat secara langsung dronenya.

EVLOS (Extended Visual Line of Sight
EVLOS (Extended Visual Line of Sight

Ini berguna untuk kegiatan pemetaan menggunakan drone. Terutama di daerah urban yang banyak gedung, atau di balik pepohonan.

Untuk bisa mengajukan izin terbang drone dengan kaidah ini, harus menyertakan prosedur komunikasi antara Visual Observer dengan Remote Pilot.

Sebaiknya komunikasi menggunakan Radio,HT atau Telepon Selular.

Apa itu BVLOS (Beyond Visual Line of Sight)?

BVLOS (Beyond Visual Line of Sight) atau biasa disebut dengan BLOS (Beyond Line of Sight). BVLOS berarti Remote Pilot dan Visual Observer, tidak dapat melihat drone.

Sebagai gantinya Remote Pilot mengoperasikan UAV dengan Instrument Remote Pilote Station (IRPS) atau Ground Control Station (GCS) Instruments.

BVLOS (Beyond Visual Line of Sight)
BVLOS (Beyond Visual Line of Sight)

Secara pengoperasian, BVLOS artinya menghilangkan peran Remote Pilot dan Visual Observer dalam melihat dan menghindari gangguan, rintangan dan drone lain. Biasa disebut ‘See and Avoid’ atau ‘Detect and Avoid’ (DAA).

Mengurus izin untuk BVLOS cukup rumit. Ada beberapa prasyarat yang harus Anda butuhkan. Termasuk assesment tambahan dari bagian Kelaikudaraan DKUPPU. Jadi kendatipun sudah terdaftar dari Sidopi, masih banyak hal yang harus Anda lengkapi.

Comments to: Mengenal Kaidah Pengoperasian Drone, VLOS, EVLOS dan BVLOS

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.