Form Affidavit adalah formulir yang digunakan sebagai pengganti bukti pembelian seperti nota atau kwitansi. Formulir ini di maksud untuk membantu pengguna Drone yang bukti pembeliannya telah hilang.

Selain sebagai ‘pengganti’ nota atau kwitansi, Affidavit bisa juga digunakan untuk Drone rakitan, atau modifikasi dari pabrikan.

Apa itu Affidavit?

Pernyataan tertulis yang dibuat secara sukarela di bawah sumpah oleh seseorang yang berwenang untuk mengambil sumpah, misalnya seorang pengacara yang telah ditunjuk oleh panitia pengambilan sumpah, konsul, atau notaris; afidavit dapat dibenarkan sebagai bukti atau kesaksian di muka pengadilan (affidavit).

Otoritas Jasa Keuangan

Dari pengertian di atas, jika di masukkan ke dalam konteks drone, Maka Form Affidavit adalah Formulir yang dibuat secara sukarela oleh pemilik drone. Formulir ini sah dan mengikat, dan diakui kebenarannya di mata hukum.

Download Form Affidavit Drone

Form Affidafvit drone ini sudah disediakan oleh DKUPPU. Dapat Anda download dengan klik tombol di bawah ini.

Form ini digunakan untuk mendaftarkan drone di Sidopi, Portal Pendaftaran Drone dan Remote Pilot secara online.

Jika sudah ada Kwitansi atau Nota, Anda tidak perlu formulir ini lagi.

Panduan cara Mengisi Form Affidavit

Untuk Panduan ini, sebagai contoh, saya akan mendaftarkan Drone DJI Mavic 2 Pro. Drone ini saya beli, tapi saya tidak bisa menemukan nota atau kwitansi pembeliannya.

Oke kita mulai.

Form Affidavit
Form Affidavit

Section I – Detail Drone

Nama Pembuat : Masukkan nama Produsen Drone, Jika rakitan bisa dimasukkan nama sendiri.

Section I - Detail Tentang Drone
Section I – Detail Tentang Drone

Kategori : Pesawat Terbang untuk Fixed Wing, Helikopter untuk rotorcraft, dan Others untuk lain – lain, kalau Quad-copter masuknya ke lain – lain, karena multi rotors. Kasih tanda silang (X).

Nama Model : Tulis model drone, misal saya modelnya adalah DJI Mavic 2 Pro.

Nomor Seri : Harus diisi. Sesuaikan dengan serial number, Kalaupun drone adalah rakitan sendiri, silakan buat serial numbernya.

Keadaan : Tulis keadaan ketika membeli. Bukan kondisi saat ini. Saat membeli apakah baru atau bekas.

Berat Drone : MTOW, berat saat take-off. Jadi kalau misalkan drone untuk semprot, maka berat adalah berat dengan muatan full.

Section II – Pernyataan Pemilik

Section II - Pernyataan
Section II – Pernyataan

Dalam kasus Saya, saya memilih pilihan nomor 1. Cukup mengisi data lengkap tentang tanggal membeli, diberi daris siapa, data tempat transaksi jual beli.

Jika sudah memilih Opsi nomor 1, maka opsi nomor 2 sampai 5 di abaikan.

Section II - Pernyataan Selain membeli
Section II – Pernyataan Selain membeli

Opsi Nomor 2. Pesawat udara kecil tanpa awak tersebut di atas dirakit dari komponen-komponen terpisah. Bill of Sale komponen dari produsen/penjual kepada yang bertanda tangan di bawah ini atau bukti lain untuk membuktikan transaksi terlampir.

Pilihan ini digunakan Jika Anda membeli semua komponen di 1 toko, dan semua komponen tersebut ada nota atau kwitansinya, dan Anda memilikinya, maka bisa memilih Opsi ini.

Namun Anda harus melampirkan Bukti Pembelian komponen – komponennya.

Opsi Nomor 3. Pesawat udara kecil tanpa awak ini dibangun menggunakan komponen-komponen lainnya diluar pabrikan.

Digunakan apabila drone Anda adalah rakitan, dan komponennya dari banyak toko. Anda tidak perlu menyertakan bukti pembelian komponennya.

Pilihan ini sangat cocok bagi drone rakitan.

Opsi Nomor 4. Saya membeli pesawat udara kecil tanpa awak bekas seperti yang tersebut di atas, Bill of Sale yang ditandatangani oleh penjual terlampir.

Pilihan untuk pembelian drone bekas, dan memiliki kwitansi pembelian.

Opsi Nomor 5. Saya membeli pesawat udara kecil tanpa awak bekas seperti yang tersebut di atas dari penjual (nama lengkap)………………… bertempat di (kota, provinsi, negara) ……………………………………………pada tanggal…………………….Bill of Sale yang diperlukan yang ditandatangani tidak tersedia karena

Pilihan ini digunakan apabila pembelian bekas, namun tidak bisa menunjukkan bukti jual beli.

Pengesahan

Pengesahan
Pengesahan

Selanjutnya, untuk Dibuat diisi dengan tempat membuat dokumen affidavit ini. Lalu Tanggal ditulis tanggal pembuatan dokumen. Dan nama, masukkan nama yang membuat dokumen.

Jangan lupa membubuhkan Materai dan Tanda Tangan ya.

Anda wajib mendaftarkan Drone Anda di Sidopi. Syarat untuk bisa memperoleh izin terbang drone adalah drone harus terdaftar di Sidopi.

Comments to: Form Affidavit Drone dan Panduan Cara Mengisinya

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *