Tutorial Pix4D

Cara pemetaan menggunakan DJI Phantom 4 Pro Plus

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Pemetaan menggunakan drone sangat popular balakangan ini, salah satu perangkat yang sangat mumpuni untuk dijadikan alat untuk pemetaan adalah DJI Phantom 4 Pro Plus.

DJI Phantom 4 Pro Plus termasuk salah satu jenis drone yang digemari banyak pihak. Hal ini disebabkan oleh adanya layer built in yang tertanam dalam remote control, sehingga pengguna drone ini tidak perlu lagi menggunakan HP atau perangkat tambahan lainnya.

Masalahnya, DJI Phantom 4 Pro Plus tidak tersedia playstore, sehingga pengguna tidak bisa bebas memasang aplikasi pihak ketiga. Sementara itu, Aplikasi milik DJI belum ada yang bisa digunakan.

Kabar baiknya, sudah tersedia browser pada aplikasi bawaan P4Pro Plus ini, sehingga anda dapat mendownload aplikasi yang anda butuhkan melalui browser tersebut. Dibawah ini adalah langkah – langkah pemetaan menggunakan drone DJI Phantom 4 Pro Plus.

Silahkan baca artikel kami tentang pemetaan menggunakan drone , Bagi anda yang ingin ikut kursus drone bersertifikat, anda bisa mengikuti pelatihan drone untuk pemetaan, foto dan video yang kami adakan.

A. Download dan Instal Aplikasi

Sebelum melakukan pemetaan, tentu anda seharusnya mendownload dan menginstal aplikasi terlebih dahulu. Ada 2 Aplikasi yang dibutuhkan untuk pemetaan menggunakan drone ini, yaitu PixDCapture dan CTRL + DJI. Kedua aplikasi ini bisa anda dapatkan secara gratis di Internet. Adapun langkah dan cara instal aplikasi tersebut adalah sebagai berikut;

A.1. Koneksikan perangkat anda dengan WiFi

A.2. Setelah terkoneksi, silahkan buka browser, kemudian masukkan kata kunci “Pix4DCapture APK”

A.3. Pastikan anda mendownload aplikasi tersebut langsung dari pix4d.com, jika sudah terdownload, buka file APK tersebut dan instal seperti instal aplikasi APK di smartphone android.

A.4.   Setelah terinstal, buka aplikasi Pix4Dcapture, dan lakukan pendaftaran akun anda. Pastikan juga anda sudah memiliki email. Karena aplikasi ini akan mengirim link verifikasi untuk aktivasi akun ke email anda.

B. Koneksi antara drone dan Pix4Dcapture

Setelah melakukan aktivasi akun via email. Anda sudah bisa masuk aplikasi Pix4Dcapture ini, sebelum kita mengkoneksikan Aplikasi ini dengan drone, siapkan kabel data terlebih dahulu, agar bisa terkoneksi, kita membutuhkan kabel data. Pada langkah A diatas, anda tidak perlu menghidupkan drone, nah pada langkah B ini, anda harus menghidupkan drone. Setelah lengkap, berikut langkah – langkahnya;

B.1. Nyalakan drone dan remote kontrolya.

B.2. Pada remote kontrol, anda akan melihat ada 3 Port disana, yaitu USB, HDMI dan USB Mini. Sekarang colokkan kabel data tersebut dari USB Port ke USB Mini port. Perhatikan gambar dibawah ini.

Sambungan Kabel USB pada remote drone DJI Phantom 4 Pro Plus

B.3. Jika semua langkah diatas sudah benar, maka akan muncul pilihan koneksi usb pada layar anda. Pilih Pix4Dcapture sebagai aplikasi yang digunakan.

B.4. Setelah terkoneksi, maka anda akan diminta untuk memasang aplikasi CTRL + DJI, silahkan klik OK dan download serta instal aplikasi CTRL + DJI tersebut.

Jika sudah semuanya, anda bisa melakukan pemetaan menggunakan Pix4Dcapture. Tutorial membuat misi dan cara pemetaan menggunakan pix4Dcapture sudah saya tulis sebelumnya pada artikel Tutorial Pix4Dcapture .

Suka main drone dan Hobby jalan - jalan

7 Comments

  1. saat apk akan di instal, ada penolakan dr device (aplikasi tidak dikenal oleh dji).
    bagaimana agar ttp bisa diinstal. mohon pencerahannya. tks

    • Seperti android, kita bisa setting agar perangkat ini bisa menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dipercaya

      • afrisco andesta Reply

        kok instal eror ya gan. tulisannya. this application is not authorized by DJI

  2. Noah Sumbayak Reply

    Artikel yg sangat menarik.
    Saya pemilik DjiP4Pro+ ditahun 2018 yg lalu saya sdh berhasil install d4pix capture dan dji controller lewat bantuan aplikasi adb yg di run dari PC namun ketika saya jalankan d4pix di rc tdk mau connect, dengan adanya artikel ini sy mau coba instal lagi dan mengikuti petunjuknya.
    Terimakasih sudah berbagi ya Mr.Liupurnomo

Write A Comment