Tutorial

Cara Memperkecil Ukuran Foto Hasil Drone

Pinterest LinkedIn Tumblr

Cara memperkecil ukuran foto drone adalah teknik mengecilkan ukuran foto tanpa menghilangkan referensi lokasi foto. Jadi metadata foto tersebut tidak hilang.

Untuk mengecilkan foto, kita membutuhkan sebuah aplikasi gratis. Aplikasi ini bernama FastStone Photo Resizer, anda bisa mendownloadnya disini. (Hanya kompatibel untuk windows).

Lalu bagaimana mengecilkan ukuran foto drone tanpa menghilangkan koordinatnya?

Cukup mudah, anda hanya perlu mengikuti langkah – langkah yang sudah saya contohkan pada video.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, drone seperti DJI dan sekelasnya memiliki kamera yang mumpuni. Hal ini kemudian berakibat pada besarnya ukuran file yang diperolah dari drone ini.

Tidak melulu memiliki sisi positif, alih alih, keadaan ini kerap menyulitkan pengguna. Karena besarnya data membuat proses pengolahan data menjadi lama. Nah adanya aplikasi seperti FastStone Photo Resizer ini sangat membantu.

Lalu, bagaimana dengan kualitas hasil gambarnya.

Tentu saja berkurang. Tidak full, dan ini semua sangat tergantung pada kebutuhan resolusi yang diinginkan.

Menurut saya, setelah di resize pun, data drone ini masih cukup mumpuni, tidak terlalu buruk, terutama jika hanya ingin mencoba atau melihat sample hasil drone.

Bagi anda yang tertarik mengikuti Trainig Survey Mapping Using Drone bergabunglah dengan kami. Dalam pelatihan drone ini, kami juga membahas cara mengolah data drone.

Suka main drone dan Hobby jalan - jalan

4 Comments

    • Terima kasih kembali Pak Vicky, semoga lancar mappingnya, sudah pakai mavic 2 sekarang. Ukuran fotonya jadi semakin besar itu, butuh di kecilkan pakai aplikasi ini biar enteng mengolahya.

  1. cukup membantu pak liu,sy newbe ingin banyak belajar tentang sifat² dan pengolahan drone

Write A Comment