Flight record DJI berisi informasi penting selama pengoperasian Drone. Namun ternyata masih banyak yang bingung bagaimana cara membacanya.

Pentingnya melihat flight record ini antara lain adalah untuk membuat laporan, dan melihat log book drone.

Baik langsung saja, masuk ke cara melihat flight record drone DJI.

  1. Siapkan log file flight record, kalian bisa download file ini dari aplikasi DJI Go, biasanya format datanya adalah TXT.
  2. Siapkan laptop dengan jaringan internet yang stabil.
  3. Buka link app.airdata.com jika belum punya akun, silahkan register terlebih dahulu. Jika sudah punya akun, anda bisa langsung login.
  4. Selanjutnya pilih menu Upload, dan seret file TXT yang tadi sudah anda siapkan ke bidang yang sudah disiapkan.

Adapun hasil pembacaan flight record tersebut adalah sebagai berikut;

General data flight record
Zoom in untuk melihat lebih detail
Detail penerbangan

Pada detail penerbangan, kita bisa melihat Last Known Location, yang menunjukkan lokasi terakhir koneksi antara drone dengan remote yang diketahui. Ini berguna jika drone kalian hilang di hutan, kalian bisa mencari berdasarkan koordinat ini.

Namun penting dicatat, Titik koordinat ini adalah yang terbaca selama drone kalian masih terkoneksi dengan remote, kalau sudah lost kontak, maka tidak akan terbaca lagi.

Jadi penting untuk tetap menjaga koneksi antara drone dengan remote kontrol, karena selain agar anda tetap bisa memonitor status drone, juga menjaga kalau terjadi insiden seperti ditabrak burung atau jatuh.

Comments to: Cara melihat flight record Drone DJI

Your email address will not be published. Required fields are marked *