Sejak 3 bulan lalu, Pengguna Android sudah tidak lagi bisa mengunduh aplikasi buatan DJI di PlayStore. Sehingga jika tetap ingin menggunakan Android, Anda harus mendownloadnya secara manual di Website DJI.

Sebenarnya apa yang terjadi? Benarkan aplikasi tersebut tidak cocok untuk Android?

Saya coba mencari tahu, lalu menemukan penjelasan bahwa itu ternjadi karena ada perubahan kompatibilatas pada Google Play Store, sehingga DJI Kesulitan untuk melakukan pembaharuan.

https://forum.dji.com/forum.php?mod=redirect&goto=findpost&ptid=256590&pid=2631814

Karena hal tersebut, DJI memilih untuk menghapus seluruh aplikasinya di Play Store, dan hanya menyediakan di web resmi DJI saja.

https://forum.dji.com/forum.php?mod=redirect&goto=findpost&ptid=259899&pid=2673651

Lalu, bagaimana dengan AppStore?

Terus terang saja, saya tidak “ngeh” kalau aplikasi DJI hilang dari Play Store, sekalipun saya punya Samsung Note 10 Plus, namun saya tidak pernah gunakan HP tersebut untuk main drone, sehingga tidak tahu apa yang terjadi pada aplikasi DJI di Android.

Karena…

Saya menggunakan iPad mini 5 dan Iphone 13 Pro Max, dan pada 2 prangkat saya tersebut, tidak ditemukan masalah apapun. Aplikasi drone berjalan sebagaimana biasanya.

Sebagai informasi, saya menggunakan iPad mini 5 sejak tahun 2019, sejak membelinya, sampai hari ini, iPad mini 5 tersebut masih menjadi perangkat utama saya yang saya pasang di drone.

Saya menggunakan iPhone 13 Pro Max hanya untuk drone – drone kecil, yang tidak bisa dipasangi iPadnya, seperti DJI Mavic Mini.

Bagi Anda yang masih bingung memilih perangkat apa yang cocok untuk Drone Anda, saya sarankan untuk membeli iPad atau iPhone. Berikut dibawah ini adalah 5 alasan mengapa Anda harus menggunakan Apple Devices.

1. Bisa di Unduh Langsung di App Store

Aplikasi DJI Pada App Store
Aplikasi DJI Pada App Store

Ketika pengguna Android ribut tentang menghilangnya aplikasi DJI di PlayStore, pengguna Apple Devices anteng – anteng saja.

Jika Anda menggunakan Apple Device, anda bisa memasang aplikasi langsung dari App Store.

Berbeda dengan Android.

Pengguna Android harus mendownload terlebih dahulu APK di website DJI, kemudian baru bisa menginstal APK tersebut pada smartphonenya.

2. DJI Menyarankan untuk menggunakan Apple Devices

Sebenarnya, sebelum kejadian aplikasi DJI hilang dari Play Store, DJI telah jauh – jauh hari memberitahukan kepada pengguna Drone DJI, bahwa Aplikasi DJI, seperti DJI Go, DJI Play dan lain sebagainya itu, dibuat untuk iPad dan iPhone.

Loh kok bisa?

Jadi gini.

Jika Beli Drone DJI Baru, atau beli DJI Osmo dan sebagainya, maka Anda bisa melihat di Box DJI tersebut, sebuah tulisan kurang lebih seperti berikut.

Logo Made for iPhone di Box Drone
Logo Made for iPhone di Box Drone

Jika DJI saja, sebagai pembuat aplikasinya sudah menyuruh kita untuk pakai iPad dan iPhone, mengapa masih bandel pakai Android?

3. Retina Display yang Luar Biasa

Sebagai pengguna Apple Device, saya sangat mengagumi kemampuan Apple dalam menghadirkan kelas pada setiap produknya. Salah satu kelebihan Apple adalah pada layarnya, terutama iPad.

Dengan teknologi retina display, membuat tampilan kamera drone dan hasil foto menjadi luar biasa.

Namun kerapkali hal ini justru membuat resah, karena saat foto tersebut dibuka di Android, yang tidak terlalu tajam warnanya, jadi butek.

4. Kompatibilitas

Pengguna Andorid pasti sudah tidak heran lagi dengan aplikasi yang tiba – tiba force close, atau nge lag.

Hal tersebut terjadi karena aplikasi yang digunakan tidak sepenuhnya kompatibel dengan perangkat yang dimiliki.

5. Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin menggunakan Drone untuk pemetaan, Anda tidak bisa hanya mengandalkan aplikasi buatan DJI saja.

Anda masih harus mendownload Aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi yang biasa digunakan untuk pemetaan, contohnya Pix4Dcapture, DroneDeploy, Litchi dan sebagainya merupakan aplikasi pihak ketiga.

Dan seluruh aplikasi ini, sangat kompatibel saat digunakan di iPad maupun iPhone.

Jika Anda pengguna Android, jika Anda ingin membuka Aplikasi DroneDeploy misalnya, maka Anda harus menutup aplikasi DJI Go 4 terlebih dahulu, baru bisa membuka aplikasi DroneDeploy. Hal ini pun tidak menjamin langsung terkoneksi.

Besar sekali kemungkinan HP Tidak mau connect dengan remote drone DJI.

Padahal, jika menggunakan iPad atau iPhone, anda bisa pindah dari satu aplikasi ke Aplikasi lain dengan mudah, tanpa mengganggu koneksi antara HP dengan Drone DJI.

Kesimpulan

Jadi jika Anda ingin memilih perangkat apa yang cocok untuk drone, Saya sarankan untuk memilih Apple device.

Lebih baik jika punya budget, beli iPad, bisa iPad Pro, bisa juga iPad mini.

Karena Saya pengguna Mavic 2 Pro, Saya lebih senang pakai iPad mini 5, karena dari segi ukuran, sangat pas ketika dipasang di remote kontrol DJI Mavic 2 Pro.

Comments to: 5 Alasan Mengapa Anda Harus Membeli Apple Devices Untuk Menerbangkan drone

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.