Saat ini penggunaan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) sudah tidak asing lagi. Pesawat tanpa awak ini dikendalikan oleh jasa mesin dan program komputer. Masyarakat lebih mengenal dengan nama pesawat drone. Drone merupakan jenis mesin pesawat tanpa awak yang memiliki fungsi sebagai pengendali jarak jauh. Dengan begitu, jasa pemetaan UAV pun ternyata memiliki perannya yang cukup penting.

Pilot mengendalikan sebagai operator di luar pesawat seperti pengendali remote. Saat ini juga mulai marak adanya jasa pemetaan UAV untuk aneka kebutuhan. Pada awalnya pesawat UAV ini digunakan di ranah militer untuk perang dan mengintai keberadaan lawan serta guna menguasai medan.

Namun seiring bergulirnya waktu, UAV tak lagi hanya dipakai di area militer melainkan mulai difungsikan di beberapa kebutuhan seperti fotografi, geografi, teknik pembangunan dan arsitektur, jasa pemadam kebakaran, kebutuhan lalu lintas, dan lain sebagainya.

4 Spesifikasi Penting Dari UAV

UAV dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Guna menentukan perancangan dari pesawat drone tersebut, terlebih dahulu harus dideskripsikan tujuan penggunaan pesawat berikut misi dari penerbangan pesawat. Tentu saja antara pesawat untuk pemotretan ataupun perekaman video ada fitur yang berbeda jika dibandingkan dengan pesawat drone dengan peruntukan kebutuhan pemetaan.

Pada saat mencari jasa untuk pemetaan UAV yang bagus, anda harus tahu dan menyampaikan secara spesifik kebutuhan. Jangan sampai anda hendak mencari ahli pemetaan menggunakan UAV, tetapi yang dihubungi justru operator fotografi atau videografer. Tentu saja teknis pengoperasian juga berbeda untuk dua atau lebih keperluan yang berbeda pula.

Untuk pemantauan area geografi misalnya, pesawat harus mempunyai spesifikasi bisa terbang dengan ketinggian minimal 200 meter di atas permukaan tanah kemudian mempunyai kemampuan terbang dengan kecepatan 60 km/jam dengan durasi terbang sekitar 60 menit atau satu jam. Adapun dibutuhkan badan pesawat yang ringan jika diperlukan untuk penerbangan yang cukup tinggi.

Untuk penerbangan guna jasa pemetaan UAV diperlukan pesawat drone dengan spesifikasi berikut.

1. Resolusi

Resolusi pada kamera atau alat penginderaan adalah ukuran yang menunjukkan besar atau kecilnya gambar. Pada umumnya menggunakan satuan pixel. Pixel sendiri sebenarnya merupakan jumlah titik yang tersusun secara teratur membentuk sebuah gambar.

Gambar yang semakin bagus dan halus kenampakannya memiliki junlah pixel yang lebih besar. Bahkan jika diperbesar hingga maksimal, tidak akan terjadi gambar yang pecah. Resolusi pesawat drone untuk pemetaan sebaiknya minimal jumlah pixelnya sebanding dengan televisi, yaitu 450 baris.

2. Berat

Drone merupakan pesawat tanpa awak yang terbang untuk mengambil gambar ataupun video. Pada jasa pemetaan UAV, sering terjadi pesawat harus mengambil area yang sulit ditempuh sehingga drone harus masuk menyusup di area-area sulit  tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya drone untuk kebutuhan ini ukurannya tidak terlalu besar.

Perkara berat atau bobot drone ini juga mempengaruhi kebutuhan terhadap izin terbang drone. Untuk drone yang di atas 25 Kg sudah bukan termasuk drone kecil lagi, dan tidak bisa didaftarkan di Sidopi.

3. Volume

Volume merupakan isi dari pesawat atau kapasitas. Pesawat drone memiliki ruang khusus untuk menyimpan kamera dan semua peralatan digital untuk penginderaan. Sebagaimana berat, pesawat drone untuk kepentingan pemetaan ini sebaiknya bervolume tidak kurang dari 350 cm³.

4. Telemetry

Telemetri merupakan sebuah teknologi menggunakan prinsip matematika yang sering dipakai untuk memberikan laporan sebuah informasi lapangan. Penginderaan untuk memperoleh data pada telemetri adalah berupa penginderaan jarak jauh. Sistem memakai perintah berupa data yang diperoleh dari jarak jauh untuk selanjutnya diolah dan dilaporkan menggunakan frekuensi yang aman.

Jasa Pemetaan UAV Untuk Apa Saja?

Pemetaan UAV merupakan sebuah teknis pengambilan gambar menggunakan Unmanned Aerial Vehicle. Hasil pengambilan data berupa gambar yang bisa digunakan untuk peta. Teknis pengambilan gambar untuk pemetaan salah satunya adalah dengan menentukan titik koordinat awal sehingga bisa dibuat garis untuk peta atau area. Pemetaan menggunakan UAV saat ini sangat dibutuhkan guna mendapatkan gambaran sebuah area yang bisa dipakai untuk penunjuk lokasi.

Terdapat beberapa jenis jasa pemetaan UAV antara lain sebagai berikut.

1. Pemetaan UAV Untuk Kebun

Pemetaan UAV untuk kebun biasanya digunakan untuk mengetahui kondisi area perkebunan yang cukup luas.  Adanya pemetaan lewat foto udara yang tepat dapat memberikan banyak informasi tentang kondisi kebun. Ketika pemilik perkebunan sudah mampu melihat kondisi area, maka akan lebih mudah penanganan atau manajemen yang akan dilakukan. Hasil pemetaan pada umumnya berupa gambar 2D. 

Beberapa langkah yang bisa dilakukan pemilik usaha perkebunan setelah mengetahui kondisi peta antara lain adalah jadwal pemupukan, melakukan perawatan dan juga mengetahui jumlah pohon. Keberadaan gulma juga dapat dilihat dari hasil foto udara.

2. Pemetaan Area Pertambangan

Jasa pemetaan UAV untuk wilayah pertambangan sangat dibutuhkan. Sebagai industri penting di Indonesia yang memiliki basis menggunakan potensi bumi maka informasi geospasial sangat penting. Hadirnya sistem pemetaan menggunakan foto udara akan sangat membantu aktivitas pertambangan.

Beberapa di antaranya adalah mengetahui lokasi bahan tambang yang tepat, pembukaan lahan tambang, kemudian mengontrol lereng tambang timbunan. Untuk kepentingan reboisasi tambang juga dapat terbantu dengan adanya. Teknik pemetaan pesawat drone. Adapun untuk pemetaan area pertambangan pada umumnya gambar yang diperlukan adalah berupa gambar 3D.

3. Pemetaan Lalu Lintas

Selain menggunakan teknologi satelit dan CCTV, kini area lalu lintas sudah mulai membutuhkan jasa pemetaan UAV. Selain lebih simple dan murah, metode ini ternyata lebih efektif dan hasilnya detail hampir menyerupai peta udara oleh satelit. Memang untuk pemantauan harian harus ada live pemetaan, tidak bisa seintensif menggunakan CCTV, tetapi cukup bisa membantu untuk mengetahui kondisi jalan Raya termasuk Kepadatan lalu lintas, kebutuhan pengembangnya jalan dan lain sebagainya.

Lalu, di manakah harus mencari jasa pemetaan UAV, yang berpengalaman, profesional, dan bisa diandalkan? Anda bisa menghubungi saya lewat halaman kontak, untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Comments to: 4 Spesifikasi Penting Dari UAV Wajib Dimiliki Oleh Pelaku Jasa Pemetaan UAV

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *